Pelajar yang tidak biasa
Siapakah ?
Disability tebatas fungsi yang membatasi kemampuan seseorang
Handicap adalah istilah yang dipakai untuk orang yang memiliki
ketidakmampuan
Para pendidik sering menggunakan istilah children with disabilities
ketimbang disabilities children
Kelompok ketidak mampuan
Gangguan indra
Meliputi gangguan penglihatan dan pendengaran
Gangguan penglihatan
Anak – anak yang menderita low vision punya jarak pandang antara 20/70 dan
20/200 pada skala snellen.angka normalnya adalah 20/20
Anak low visom dapat membaca buku dengan bantuan kaca pembesar.anak yang
buta edukasional tidan bisa menggunakan penglihatan mereka untuk belajar dan
harus menggunakan pendengaran dan sentuhan untuk belajar
Gangguan pendengaran
Pendekatan pendidik untuk membantu anak untuk belajar ada 2 kategori yaitu
pendekatan oral dan pendekatan manual.pendekatan oral yaitu dengan membaca
gerakan bibir,speace reading(menggunakan alat visual untuk membaca dan
sejenisnya.pendekatan manual yaitu dengan bahasa isyarat dan mengeja jari
Gangguan fisik
Gangguan ortopedik
Tidak mampu mengontrol gerak karena ada masalah di otot,tulang atau sendi
Cerebral palsy
Gangguan berupa lemahnya koordinasi otot,tubuh sangat lemah dan goyah,atau
bicaranya tidak jelas.penyebabnya kekurangan oksigen saat kelahiran
Gangguan kejang – kejang
Yang biasa dijumpai yaitu epilepsi ditandai dengan serangan pada senso
motor atau kejang kejang
Retardasi mental
Ciri utama retardasi mantal adalah lemahnya fungsi intelektual.retardai
mental adalah kondisi sebelum usia 18 tahun yang di tandai dengan rendahnya
kecerdana dan sulit beradaptasi dengan lingkungan.disebabkan oleh faktor
genetik dan kerusakan otak
Faktor genetik.bentuk paling umum dari retardasi mental adalah down
syndrome yang diwariskan malalui genetik yaitu memiliki 47 kromosom
Kerusakan otak.dapat diakibatkan oleh bermacam infeksi atau faktor
lingkungan.infeksi pada ibu hamil seperti rubella,sipilis,herpes,aids dapat
menyebabkan retardasi mental
Gangguan bicara dan bahasa
Gangguan artikulasi yaitu problem dalam pengucapan suara yang benar
Gangguan suara yaitu gangguan yang tampak pada ucapan yang tidak jelas
seperti bebicara terlalu kencang
Gangguan kefasihan yaitu gangguan kelancaran bicara yang biasa disebut
gagap
Gangguan bahasa yaitu kerusakan dalam bahasa reseptif atau ekspresif anak
Ketidakmampuan belajar
Ciri – ciri anak dengan gangguan belajar
1.punya keceradasan normal atau diatas normal
2.kesulitan dalam satu atau beberapa mata pelajaran
3.tidak memiliki problema lain seperti retardasi mental
Beberapa area akademik paling umum yang menjadi masalah bagi anak dengan
ketidakmamouan belajar adalah pelajaran membaca,bahasa tulis dan matematika
Dyslexia adalah kerusakan parah dalam kemampuan untuk membaca dan mengeja
Attention deficit hyperactivity disorder(ADHD)
Adalah ketidak mampuan anak dengan ciri2
1.kurang perhatian
2.hiperaktif
3.impulsif
Gangguan prilaku dan emosional
Gangguan perilaku dan emosional terdiri dari problem serius dan terus
menerus yang berkaitan dengan hubungan agresi,depresi,ketakutan yang berkaitan
dengan persoalan peribadi atau sekolah dan juga hubungan karakteristik
sosioemosi yang tidak tepat
Isu pendidikan yang berkaitan dengan anak yang menderita ketidak mampuan
Individual with disabilities education Act (IDEA)
IDEA menetapkan kan mandat untuk pelayanan anak penderita
ketidakmampuan,mencakup evaluasi,pendidikan yang tepat dan rancangan pendidikan
yang disesuaikan pada setiap anak (individual education plan)(IEP)dan
pendidikan yang tidak terlampau ketat(LRE)
Least restrictive enviroment (LRE) anak yang tidak mampu harus dididik
dengan restriksi minimal,dengan setting yang mirip dengan anak yang tidak
menderita ketidakmampuan
Penempatan dan pelayanan
Penempatan disusun dari yang kurang restriktif sampai ke paling restriktif
>kelas regular dengan tambahan pengajar
>sebagian waktu dihabiskan diruang sumber daya
>penempatan full time dalam kelas pendidikan khusus
>sekolah khusus
>instruksi rumah
>instruksi di rumah sakit
ANAK – ANAK BERBAKAT
Anak berbakat punya kecerdasan diatas rata-rata punya bakat unggul
dibeberapa bidang seperti seni,musik
Karakeristik
1.dewasa lebih dini
2.belajar menuruti kemauan mereka sendiri
3.semangat untuk menguasai
Mendidik anak berbakat
>kelas khusus
>akselerasi
>program mentor dan penelitian\
>kerja/studi/program pelayanan masyarakat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar