• Cari Blog Ini

    Irham next leader

    terus bermimpi dan wujudkan kawan

    SIYASAH

    SIYASAH

    Senin, 03 Juli 2017

    Pendidikan anak berkebutuhan khusus

    Pelajar yang tidak biasa

    Siapakah ?
    Disability tebatas fungsi yang membatasi kemampuan seseorang
    Handicap adalah istilah yang dipakai untuk orang yang memiliki ketidakmampuan
    Para pendidik sering menggunakan istilah children with disabilities ketimbang disabilities children

    Kelompok ketidak mampuan

    Gangguan indra
    Meliputi gangguan penglihatan dan pendengaran
    Gangguan penglihatan
    Anak – anak yang menderita low vision punya jarak pandang antara 20/70 dan 20/200 pada skala snellen.angka normalnya adalah 20/20
    Anak low visom dapat membaca buku dengan bantuan kaca pembesar.anak yang buta edukasional tidan bisa menggunakan penglihatan mereka untuk belajar dan harus menggunakan pendengaran dan sentuhan untuk belajar
    Gangguan pendengaran
    Pendekatan pendidik untuk membantu anak untuk belajar ada 2 kategori yaitu pendekatan oral dan pendekatan manual.pendekatan oral yaitu dengan membaca gerakan bibir,speace reading(menggunakan alat visual untuk membaca dan sejenisnya.pendekatan manual yaitu dengan bahasa isyarat dan mengeja jari

    Gangguan fisik
    Gangguan ortopedik
    Tidak mampu mengontrol gerak karena ada masalah di otot,tulang atau sendi
    Cerebral palsy
    Gangguan berupa lemahnya koordinasi otot,tubuh sangat lemah dan goyah,atau bicaranya tidak jelas.penyebabnya kekurangan oksigen saat kelahiran
    Gangguan kejang – kejang
    Yang biasa dijumpai yaitu epilepsi ditandai dengan serangan pada senso motor atau kejang kejang

    Retardasi mental
    Ciri utama retardasi mantal adalah lemahnya fungsi intelektual.retardai mental adalah kondisi sebelum usia 18 tahun yang di tandai dengan rendahnya kecerdana dan sulit beradaptasi dengan lingkungan.disebabkan oleh faktor genetik dan kerusakan otak
    Faktor genetik.bentuk paling umum dari retardasi mental adalah down syndrome yang diwariskan malalui genetik yaitu memiliki 47 kromosom
    Kerusakan otak.dapat diakibatkan oleh bermacam infeksi atau faktor lingkungan.infeksi pada ibu hamil seperti rubella,sipilis,herpes,aids dapat menyebabkan retardasi mental

    Gangguan bicara dan bahasa
    Gangguan artikulasi yaitu problem dalam pengucapan suara yang benar
    Gangguan suara yaitu gangguan yang tampak pada ucapan yang tidak jelas seperti bebicara terlalu kencang
    Gangguan kefasihan yaitu gangguan kelancaran bicara yang biasa disebut gagap
    Gangguan bahasa yaitu kerusakan dalam bahasa reseptif atau ekspresif anak

    Ketidakmampuan belajar
    Ciri – ciri anak dengan gangguan belajar
    1.punya keceradasan normal atau diatas normal
    2.kesulitan dalam satu atau beberapa mata pelajaran
    3.tidak memiliki problema lain seperti retardasi mental
    Beberapa area akademik paling umum yang menjadi masalah bagi anak dengan ketidakmamouan belajar adalah pelajaran membaca,bahasa tulis dan matematika
    Dyslexia adalah kerusakan parah dalam kemampuan untuk membaca dan mengeja

    Attention deficit hyperactivity disorder(ADHD)
    Adalah ketidak mampuan anak dengan ciri2
    1.kurang perhatian
    2.hiperaktif
    3.impulsif

    Gangguan prilaku dan emosional
    Gangguan perilaku dan emosional terdiri dari problem serius dan terus menerus yang berkaitan dengan hubungan agresi,depresi,ketakutan yang berkaitan dengan persoalan peribadi atau sekolah dan juga hubungan karakteristik sosioemosi yang tidak tepat

    Isu pendidikan yang berkaitan dengan anak yang menderita ketidak mampuan
    Individual with disabilities education Act (IDEA)
    IDEA menetapkan kan mandat untuk pelayanan anak penderita ketidakmampuan,mencakup evaluasi,pendidikan yang tepat dan rancangan pendidikan yang disesuaikan pada setiap anak (individual education plan)(IEP)dan pendidikan yang tidak terlampau ketat(LRE)
    Least restrictive enviroment (LRE) anak yang tidak mampu harus dididik dengan restriksi minimal,dengan setting yang mirip dengan anak yang tidak menderita ketidakmampuan

    Penempatan dan pelayanan
    Penempatan disusun dari yang kurang restriktif sampai ke paling restriktif
    >kelas regular dengan tambahan pengajar
    >sebagian waktu dihabiskan diruang sumber daya
    >penempatan full time dalam kelas pendidikan khusus
    >sekolah khusus
    >instruksi rumah
    >instruksi di rumah sakit

    ANAK – ANAK BERBAKAT
    Anak berbakat punya kecerdasan diatas rata-rata punya bakat unggul dibeberapa bidang seperti seni,musik
    Karakeristik
    1.dewasa lebih dini
    2.belajar menuruti kemauan mereka sendiri
    3.semangat untuk menguasai
    Mendidik anak berbakat
    >kelas khusus
    >akselerasi
    >program mentor dan penelitian\
    >kerja/studi/program pelayanan masyarakat





    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Translate