• Cari Blog Ini

    Irham next leader

    terus bermimpi dan wujudkan kawan

    SIYASAH

    SIYASAH

    Senin, 03 Juli 2017

    Pengeloaan kelas

    Mengapa kelas perlu di kelola secara efektif
    Manajemen kelas yang baik akan memaksimalkan kesempatan pembelajaran murid
    Tren baru dalam pengelolaan kelas lebih menekan agar murid mau berdisiplin dari pada terlalu menekan kontrol eksternal murid

    Kelas padat,kompleks dan berpotensi kacau

    Walter doyle mendeskripsikan enak karakteristik refleksi komplesitas dan potensi problemnya
    >kelas adalah multidimensional.kelas adalah setting untuk banyak aktivitas
    >aktivitas terjadi secara simultan.banyak aktivitas kelas yang terjadi secara simultan
    >hal-hal yang terjadi terlalu cepat.kejadian sering terjadi di kelas dan membutuhkan respon cepat
    >kejadian sering kali tidak bisa di prediksi.meskipun anda membuat renca dangan hati-hati dan rapi kemungkinan besar akan muncul kejadian di luar rencana
    >hanya ada sedikit privasi.kelas adalah tempat publik dimana murid melihat bagaimana guru menyelesaikan masalah
    >kelas punya sejarah.banyak kenangan tentang apa yang terjadi dikelas pada waktu dahulu
    Penekanan pada instruksi dan suasana kelas yang positif
    Dahulu sekolaha menekan pada disiplin kini ditekankan cara mengembangkan dan memelihara lingkungan kelas positif yang mendukung pembelajaran

    Tujuan dan strategi manajemen
    Membantu murid menghabiskan lebih banyak waktu untuk belajar dan mengurangi aktifitas yang tidak diorientasikan pada tujuan dan mencegah murid mengalami masalah akademik dan emosional

    Mendesain lingkungan fisik kelas

    Prinsip penataan kelas
    >kurangi kepadatan ditempat lalu lalang
    >pastikan bahwa anda dapat dengan mudah melihat semua murid
    >materi pengajaran dan perlengkapan murid harus mudah diakses
    >pastikan murid dapat dengan mudah melihat semua presentasi kelas

    Gaya penataan

    Gaya auditorium.semua murid menghadap guru
    Gaya tatap muka.murid saling menghadap
    Gaya off set.sejumlah murid duduk dibangku tetapi tidak berhadapan langsung
    Gaya seminar.duduk disusun berbentuk lingkaran atau persegi atau bentuk u
    Gaya klaster.sejumlah murid belajar dalam kelompok kecil

    Menciptakan lingkungan yang positif untuk pembelajaran
    Strategi umum

    Menggunakan gaya otoritatif.guru yang otoritatif akan mempunyai murid yang cenderung mandiri,tidak cepat paus,mau bekerjasama

    Mengelola aktivitas kelas secara efektif
    Manajer kelas yang efektif
    >menunjukan seberapa jauh mereka mengikuti
    >atasi situasi tumpang tindih secara efektif
    >menjaga kelancaran dan kontinuitas pelajaran
    >libatkan murid dalam berbagai aktifitas yang menantang
    Mengajak murid bekerjasama
    Ada tiga strategi
    >menjalin hubungan positif dengan murid
    >mengajak murid untuk berbagi dan mengemban tanggung jawab
    >memberi hadi pada perilaku yang tepat

    Menjadi komunikator yang baik
    Keterampilan berbicara
    Dalam bebicara diddepan kelas adalah menyampaikan informasi secara jelas
    Beberapa strategi berbicara jelas di depan kelas
    1.menggunakan tata bahasa dengan benar
    2.memilih kosakata yang gampang dipahami
    3.tidak menyampaikan hal – hal yang kabur
    Bersikap asertif(tegas).aspek lain dari komunikasi verbal adalah cara orang menangani konflik,dilakukan dengan 4 gaya
    Gaya agresif.cenderung gala kepada orang lain
    Gaya manipulatif.berusaha mendapatkan dengan membuat orang lain merasa bersalah
    Gaya pasif.bersikap tidak tegas dan pasrah
    Gaya asertif.tegas
    Keterampilan mendengar
    Mendengar aktif adalah memberikan perhatian penuh kepada pembicara dan fokus pada isi intelektual dan emosionla
    Berkomunikasi secara nonverbal
    Berkomunikasi dengan tangan,tatapan mata

    Menghadapi perilaku bermasalah
    Strategi manajemen
    Intervensi minor,perilaku terbiasa menggangu aktivitas kelas dan belajar
    >gunakan isyarat non verbal
    >suru murid berhenti dengan nada tegas dan langsung
    Intervensi moderat
    >jangan beri aktifitas yang mereka inginkan

    >buat perjanjian behavioral

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Translate