Mengapa kelas perlu di kelola secara efektif
Manajemen kelas yang baik akan memaksimalkan
kesempatan pembelajaran murid
Tren baru dalam pengelolaan kelas lebih
menekan agar murid mau berdisiplin dari pada terlalu menekan kontrol eksternal
murid
Kelas padat,kompleks dan berpotensi kacau
Walter doyle mendeskripsikan enak
karakteristik refleksi komplesitas dan potensi problemnya
>kelas adalah multidimensional.kelas
adalah setting untuk banyak aktivitas
>aktivitas terjadi secara simultan.banyak
aktivitas kelas yang terjadi secara simultan
>hal-hal yang terjadi terlalu cepat.kejadian sering terjadi di
kelas dan membutuhkan respon cepat
>kejadian sering kali tidak bisa di prediksi.meskipun anda
membuat renca dangan hati-hati dan rapi kemungkinan besar akan muncul kejadian
di luar rencana
>hanya ada sedikit privasi.kelas adalah tempat publik dimana
murid melihat bagaimana guru menyelesaikan masalah
>kelas punya sejarah.banyak kenangan tentang apa yang terjadi
dikelas pada waktu dahulu
Penekanan pada instruksi dan suasana kelas yang positif
Dahulu sekolaha menekan pada disiplin kini ditekankan cara mengembangkan
dan memelihara lingkungan kelas positif yang mendukung pembelajaran
Tujuan dan strategi manajemen
Membantu murid menghabiskan lebih banyak waktu untuk belajar dan mengurangi
aktifitas yang tidak diorientasikan pada tujuan dan mencegah murid mengalami
masalah akademik dan emosional
Mendesain lingkungan fisik kelas
Prinsip penataan kelas
>kurangi kepadatan ditempat lalu lalang
>pastikan bahwa anda dapat dengan mudah melihat semua murid
>materi pengajaran dan perlengkapan murid harus mudah diakses
>pastikan murid dapat dengan mudah melihat semua presentasi kelas
Gaya penataan
Gaya auditorium.semua murid menghadap guru
Gaya tatap muka.murid saling menghadap
Gaya off set.sejumlah murid duduk dibangku tetapi tidak berhadapan langsung
Gaya seminar.duduk disusun berbentuk lingkaran atau persegi atau bentuk u
Gaya klaster.sejumlah murid belajar dalam kelompok kecil
Menciptakan lingkungan yang positif untuk pembelajaran
Strategi umum
Menggunakan gaya otoritatif.guru yang otoritatif akan mempunyai murid yang cenderung
mandiri,tidak cepat paus,mau bekerjasama
Mengelola aktivitas kelas secara efektif
Manajer kelas yang efektif
>menunjukan seberapa jauh mereka mengikuti
>atasi situasi tumpang tindih secara efektif
>menjaga kelancaran dan kontinuitas pelajaran
>libatkan murid dalam berbagai aktifitas yang menantang
Mengajak murid bekerjasama
Ada tiga strategi
>menjalin hubungan positif dengan murid
>mengajak murid untuk berbagi dan mengemban tanggung jawab
>memberi hadi pada perilaku yang tepat
Menjadi komunikator yang baik
Keterampilan berbicara
Dalam bebicara diddepan kelas adalah menyampaikan informasi secara jelas
Beberapa strategi berbicara jelas di depan kelas
1.menggunakan tata bahasa dengan benar
2.memilih kosakata yang gampang dipahami
3.tidak menyampaikan hal – hal yang kabur
Bersikap asertif(tegas).aspek lain dari komunikasi verbal adalah cara orang
menangani konflik,dilakukan dengan 4 gaya
Gaya agresif.cenderung gala kepada orang lain
Gaya manipulatif.berusaha mendapatkan dengan membuat orang lain merasa
bersalah
Gaya pasif.bersikap tidak tegas dan pasrah
Gaya asertif.tegas
Keterampilan mendengar
Mendengar aktif adalah memberikan perhatian penuh kepada pembicara dan
fokus pada isi intelektual dan emosionla
Berkomunikasi secara nonverbal
Berkomunikasi dengan tangan,tatapan mata
Menghadapi perilaku bermasalah
Strategi manajemen
Intervensi minor,perilaku terbiasa menggangu aktivitas kelas dan belajar
>gunakan isyarat non verbal
>suru murid berhenti dengan nada tegas dan langsung
Intervensi moderat
>jangan beri aktifitas yang mereka inginkan
>buat perjanjian behavioral
Tidak ada komentar:
Posting Komentar