Kultur dan etnis
Kultur
Adalah pola prilaku dan semua yang berkaitan
dengan kelompok yang diwariskan secara turun temurun.hasil perilaku dan semua
yang berkaitan dengan kelompok adalah hasil interaksi kelompok dengan
lingkungan.untuk mengetahui informasi perbandingan,perilaku khusus dari suatu
kultur digunakan studi lintas-kultur.
Murid amerika dalam mengerjakan tugas
cenderung mandiri dan murid asia cenderung bekerjasama.perbedaan kultur ini di
jelaskan dengan dua istilah yaitu individualisme dan koletivisme.individualisme
mengutamakan tujuan pribadi diatas kelompok,kolektivisme adalah nilai – nilai yang
mendukung kelompok.
Status sosioekonomi
Status sosioekonomi adalah kelompok orang yang
berkumpul berdasarkan karakter ekonomi,individul dan pekerjaan.
Etnis
Etnis berasal dari bahasa yunani yang berarti
bangsa.etnisitas adalah karakter umum warisan kultur,nasionalitas,ras,agama dan
bahasa
Isu bahasa
Pendidikan bilingual
Pendidikan bilingual adalah pemberian materi
belajar kepada siswa imigran dengan bahasa asal mereka dan secara bertahap
diterapkan bahasa inggris
Pendidikan multikultural
Pendidikan multikultural adalah pendidikan
yang menghargai perbedaan dan cara pandang berbagai kultur
Memberdayakan murid
Pemberdayaan yang berarti memberikan kemampuan
intelektual dan keterampilan memecahkan masalah untuk menciptakan dunia yang
lebih baik
Pengajaran relevan yang relevan secara
kultural
Adalah pengajaran yang bertujuan saling
menjalin hubungan dengan kultur asal pelajar.guru yang baik akan menggabungkan
pengajaran relevan secara kultur ini
dengan kurikulum karena akan membuat pengajaran lebih efektif
Pendidikan berpusat pada isu
Adalah murid diajari mengkaji isu – isu
kesetaraan dan keadilan sosial
Meningkatkan hubungan di antara anak dari
kelompok etnis yang berbeda –beda
Diantara cara meningkatkan hubungan tersebut
ialah
Kelas jigsaw adalah kelas dimana anak dari berbeda kultur dari di haruskan bekerjasama
mengerjakan tugas yang berbeda untuk mencapai tujuan bersama.
Kontak personal dengan orang lain dari latar
belakang kultur yang berbeda
Pengambilan perspektif
Latihan agar anak memahami perspektif orang
lain dan meningkatkan hubungan antar etnis
Pemikiran kritis dan inteligensi emosional
Murid diajak kritis mengenai relasi antar etnis
agar tidak lagi menstreotipkan orang lain
Mengurangi bias
Louise derman sparks dan anti bias curriculum
task force menciptakan alat untuk meneliminasi bais
Meningkatkan toleransi
Menganggap sekolah dan komunitas sebagai satu
tim
Gender
Gender adalah dimensi sosiokultural psikologis
pria dan wanita.peran gender adalah seharusnya pria dan wanita
berpikir,berperilaku.
Pandangan terhadap gender
Pandangan biologis
Menurut pandangan biologis faktor biologis
tidak terlalu menentukan perilaku dan sikap gender
Pandangan sosial
Teori psikoanalitik gender
Anak –anak pra sekolah mengalami ketertarikan
dengan orang tua yang berbeda jenis kelamin.pada usia 5 atau 6 tahun mulai
berkurang karena gelisa.kemudian akan melihat orang tua yang sama jenis
kelaminnya dan mengadopsi karakternya
Teori kognitif sosial gender
Perkembangan gender anak terjadi dengan
mengamati,meniru perilaku dan melakukan penguatan
Pandangan kognitif
Teori perkembangan kognitif gender
Menurut teori kohlberg bahwa anak mengadopsi gender setelah mengembangkan
konsep gender
Terori skema gender
Bahwa perilaku individu dituntu untuk
menyesuaikan diri dengan standar
sosiokultural berbasis gender dan streotip
Streotip,kesamaan dan perbedaan gender
Streotip gender adalah adalah keyakinan
tentang perilaku yang tepat bagi pria dan wanita.sterotip sering dihubungkan
dengan prasangka diskriminasi sexisme yaitu yang berdasarkan jenis kelamin
Kesamaaan dan perbedaan gender dalam domain
yang relevan secara akademis
Penampilan fisik
Pada umumnya laki – laki lebih unggul dalam
bidang olahraga dibandingkan wanita.sejak awal laki – laki lebih aktif
ketimbang wanita dalam bergerak
Keahlian matematika dan sain
Berdasarkan studi nasional tidak ada perbedaan
antar pria dan wanita dalam kemampuan metematika pada grade empat,delapan dan
dua belas.beberapa pakar mengatakan jika ada perbedaan keahlian visuospasial
akibat gender maka itu sangat kecil.studi nasional mengatakan anak lelaki
sedikit lebih baik pada bidang sain pada grade empat dan delapan tetapi tidak
ada perbedaan pada grade dua belas
Kemampuan verbal
Pada 1970 an diulas bahwa perempuan punya
kemampuan verbal yang lebih baik dibandingkan lelaki.analisis yang lebih baru
mengatakan sedikit bahkan tidak ada perbedaan gender dalam keahlian verbal.
Pencapaian pendidikan
Laki-laki lebih besar kemungkinan drop out
dibandingkan wanita.bukti belakangan bahwa anak lelaki buruk dalam akademik
Keahlian hubungan
Pria mempunyai karakteristik report talk yaitu
memberikan informasi sedangkan wanita memiliki karakteristik rapport talk yaitu
menjalin hubungan
Ageresi dan regulasi diri
Anak lelaki lebih agresif secara fisik
dibanding wanita.wanita memiliki sifat agresif relasional yaitu perilaku
membuat orang lain tidak menyukai seseorang
Gender dalam konteks
Kultur
Di amerika lebih banyak penerimaan terhadap
androgini dan persamaan perilaku antara pria dan wanita tetapi di negara lain
banyak yang masih memisahkan.
Menghilangkan bias gender
Isi kurikulum dan isi mata pelajaran olahraga
Sekolah banyak menghilangkan sexisme dan
streotipisasi jenis kelamin dalam buku dan materi pelajaran
Irham Maulana
16-062
Tidak ada komentar:
Posting Komentar