• Cari Blog Ini

    Irham next leader

    terus bermimpi dan wujudkan kawan

    SIYASAH

    SIYASAH

    Minggu, 09 April 2017

    RESUME BAB 5 " DIVERSITAS SOSIOKULTURAL"

                                                    
    Kultur dan etnis
    Kultur
    Adalah pola prilaku dan semua yang berkaitan dengan kelompok yang diwariskan secara turun temurun.hasil perilaku dan semua yang berkaitan dengan kelompok adalah hasil interaksi kelompok dengan lingkungan.untuk mengetahui informasi perbandingan,perilaku khusus dari suatu kultur digunakan studi lintas-kultur.
    Murid amerika dalam mengerjakan tugas cenderung mandiri dan murid asia cenderung bekerjasama.perbedaan kultur ini di jelaskan dengan dua istilah yaitu individualisme dan koletivisme.individualisme mengutamakan tujuan pribadi diatas kelompok,kolektivisme adalah nilai – nilai yang mendukung kelompok.
    Status sosioekonomi
    Status sosioekonomi adalah kelompok orang yang berkumpul berdasarkan karakter ekonomi,individul dan pekerjaan.
    Etnis
    Etnis berasal dari bahasa yunani yang berarti bangsa.etnisitas adalah karakter umum warisan kultur,nasionalitas,ras,agama dan bahasa
    Isu bahasa
    Pendidikan bilingual
    Pendidikan bilingual adalah pemberian materi belajar kepada siswa imigran dengan bahasa asal mereka dan secara bertahap diterapkan bahasa inggris
    Pendidikan multikultural
    Pendidikan multikultural adalah pendidikan yang menghargai perbedaan dan cara pandang berbagai kultur
    Memberdayakan murid
    Pemberdayaan yang berarti memberikan kemampuan intelektual dan keterampilan memecahkan masalah untuk menciptakan dunia yang lebih baik
    Pengajaran relevan yang relevan secara kultural
    Adalah pengajaran yang bertujuan saling menjalin hubungan dengan kultur asal pelajar.guru yang baik akan menggabungkan pengajaran  relevan secara kultur ini dengan kurikulum karena akan membuat pengajaran lebih efektif
    Pendidikan berpusat pada isu
    Adalah murid diajari mengkaji isu – isu kesetaraan dan keadilan sosial

    Meningkatkan hubungan di antara anak dari kelompok etnis yang berbeda –beda
    Diantara cara meningkatkan hubungan tersebut ialah
    Kelas jigsaw adalah kelas dimana anak dari berbeda kultur dari di haruskan bekerjasama mengerjakan tugas yang berbeda untuk mencapai tujuan bersama.
    Kontak personal dengan orang lain dari latar belakang kultur yang berbeda
    Pengambilan perspektif
    Latihan agar anak memahami perspektif orang lain dan meningkatkan hubungan antar etnis
    Pemikiran kritis dan inteligensi emosional
    Murid diajak kritis mengenai relasi antar etnis agar tidak lagi menstreotipkan orang lain
    Mengurangi bias
    Louise derman sparks dan anti bias curriculum task force menciptakan alat untuk meneliminasi bais
    Meningkatkan toleransi
    Menganggap sekolah dan komunitas sebagai satu tim
    Gender
    Gender adalah dimensi sosiokultural psikologis pria dan wanita.peran gender adalah seharusnya pria dan wanita berpikir,berperilaku.
    Pandangan terhadap gender
    Pandangan biologis
    Menurut pandangan biologis faktor biologis tidak terlalu menentukan perilaku dan sikap gender
    Pandangan sosial
    Teori psikoanalitik gender
    Anak –anak pra sekolah mengalami ketertarikan dengan orang tua yang berbeda jenis kelamin.pada usia 5 atau 6 tahun mulai berkurang karena gelisa.kemudian akan melihat orang tua yang sama jenis kelaminnya  dan mengadopsi karakternya
    Teori kognitif sosial gender
    Perkembangan gender anak terjadi dengan mengamati,meniru perilaku dan melakukan penguatan
    Pandangan kognitif
    Teori perkembangan kognitif gender
    Menurut teori kohlberg bahwa  anak mengadopsi gender setelah mengembangkan konsep gender
    Terori skema gender
    Bahwa perilaku individu dituntu untuk menyesuaikan  diri dengan standar sosiokultural berbasis gender dan streotip
    Streotip,kesamaan dan perbedaan gender
    Streotip gender adalah adalah keyakinan tentang perilaku yang tepat bagi pria dan wanita.sterotip sering dihubungkan dengan prasangka diskriminasi sexisme yaitu yang berdasarkan jenis kelamin
    Kesamaaan dan perbedaan gender dalam domain yang relevan secara akademis
    Penampilan fisik
    Pada umumnya laki – laki lebih unggul dalam bidang olahraga dibandingkan wanita.sejak awal laki – laki lebih aktif ketimbang wanita dalam bergerak
    Keahlian matematika dan sain
    Berdasarkan studi nasional tidak ada perbedaan antar pria dan wanita dalam kemampuan metematika pada grade empat,delapan dan dua belas.beberapa pakar mengatakan jika ada perbedaan keahlian visuospasial akibat gender maka itu sangat kecil.studi nasional mengatakan anak lelaki sedikit lebih baik pada bidang sain pada grade empat dan delapan tetapi tidak ada perbedaan pada grade dua belas
    Kemampuan verbal
    Pada 1970 an diulas bahwa perempuan punya kemampuan verbal yang lebih baik dibandingkan lelaki.analisis yang lebih baru mengatakan sedikit bahkan tidak ada perbedaan gender dalam keahlian verbal.
    Pencapaian pendidikan
    Laki-laki lebih besar kemungkinan drop out dibandingkan wanita.bukti belakangan bahwa anak lelaki buruk dalam akademik
    Keahlian hubungan
    Pria mempunyai karakteristik report talk yaitu memberikan informasi sedangkan wanita memiliki karakteristik rapport talk yaitu menjalin hubungan
    Ageresi dan regulasi diri
    Anak lelaki lebih agresif secara fisik dibanding wanita.wanita memiliki sifat agresif relasional yaitu perilaku membuat orang lain tidak menyukai seseorang
    Gender dalam konteks
    Kultur
    Di amerika lebih banyak penerimaan terhadap androgini dan persamaan perilaku antara pria dan wanita tetapi di negara lain banyak yang masih memisahkan.
    Menghilangkan bias gender
    Isi kurikulum dan isi mata pelajaran olahraga
    Sekolah banyak menghilangkan sexisme dan streotipisasi jenis kelamin dalam buku dan materi pelajaran

    Irham Maulana
    16-062





    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Translate